06 September 2008

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah Penyakit menular yang disalurkan lewat hubungan seksual. PMS akan sangat berisiko bila kita sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan baik melalui vagina,oral,maupun anal seks.PMS menyebabkan infeksi alat reproduksi yang dalam hal ini harus dianggap serius.Apabila tidak diobati dengan tepat, Infeksi dapat menjalar dan menyebabkan penderitaan,sakit yang berkepanjanganan,kemandulan bahkan kematian.Bagi Saudara sekalian kaum remaja puteri perlu disadari bahwa resiko terkena PMS lebih besar daripada kaum remaja pria,hal ini disebabkan karena alat reproduksi wanita jauh lebih rentan daripada alat reproduksi pria.Dan seringkali berakibat parah karena gejala-gejala penyakit ini pada awalnya tidak dapat terdeteksi dengan mudah,sedang penyakit berlanjut ketahap yang lebih parah.

PMS sangat beragam jenisnya diantaranya adalah sifilis. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang sifilis.Bagaimana cara penularan dan gejala orang yang terkena sifilis ?

Cara Penularan SIFILIS :
Sifilis disebabkan oleh Bakteri yang bernama Treponema Pallidium, Yaitu sebuah bakteri spirochete (bakteri yang berbentuk spiral). Penyakit ini menyebar diseluruh dunia, terutama menyerang anak dewasa antara usia 20-35 tahun,dan lazimnya terjadi didaerah perkotaan yang terkenal dengan dunia malamnya. Baru-baru ini ada sebuah informasi bahwa penyakit ini sudah banyak merebak di beberapa negara industri yang dihubungkan dengan penggunaan narkoba dan pelacuran. Penularanya terjadi melalui kontak langsung dengan antara luka (baik yang bernanah ataupun yang bengkak) dikulit dengan selaput lendir atau dengan cairan tubuh (air mani,darah,cairan vagina) selama senggama (hubungan intim). Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dari pendonor yang telah terjangkit penyakit ini.Infeksi juga dapat ditularkan dari seorang ibu kepada bayinya yang belum lahir,hal ini yang menyebabkan terjadinya kelahiran bayi yang meninggal di daerah daerah epidermis.

Gejala-Gejala Sifilis :
  1. Gejala Tahap Awal (Sifilis Primer) yaitu terjadi 9-90 hari setelah infeksi ditandai dengan timbulnya luka yang tidak nyeri di Penis, bibir kemaluan atau leher rahim
  2. Gejala Tahap kedua (Sifilis Sekunder) yaitu terjadi beberapa bulan setelah tahap pertama,Gejala berupa kelainan kulit bercak kemerahan tidak gatal terutama ditelapak tangan dan kaki. Hal ini ditandai dengan adanya pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh,atau bisa juga berupa kutil di sekitar alat kelamin maupun anus.
  3. Tahp Ketiga (Sifilis Laten) yaitu dengan gejala yang tidak timbul,namun infeksi berlanjut menyerang alat-alat atau organ tubuh lainnya, Hal ini dapat terdeteksi dengan cara pemeriksaan darah secara intensif.
  4. Tahap ke empat (Sifilis Tersier) yaitu terjadi setelah 5-30 tahun setelah tahap SEKUNDER. Ditandai dengan terdapat kerusakan alat-alat tubuh penting yang menetap pada otak, pembuluh darah dan jantung,selaput darah dan sumsum tulang belakang
Cara Pencegahan :
  • Bagi kalian yang belum menikah, cara yang paling ampuh adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual
  • Saling setia pada pasangan baik sebelum maupun sesudah menikah
  • Hindari Hubungan seks yang berisiko dan tidak aman
  • Gunakan Kondom untuk mencegah penularan PMS
  • Selalu menjaga kebersihan alat kelamin
Demikian pembahasan tentang Sifilis. Ingat SAY NO TO FREE SEKS...

2 comments:

JoVie said...

hiy...na'udzubillah..menyeramkan sekali.

TuRBiN said...

begitulah sobat yang saya tahu tentang PMS..

Post a Comment

Template by : TuRBiN turbins.blogspot.com