07 October 2008

KONDOM PEREMPUAN

Selama ini kita mengenal alat kontrasepsi yang digunakan oleh laki-laki adalah kondom. Perilaku pemakaian kondom pada laki-laki masih rendah karena mereka cenderung menolak menggunakannya dengan alasan mengurangi kenikmatan hubungan seksual. Sistem patriarkal juga menyebabkan posisi tawar perempuan rendah untuk meminta pasangannya memakai kondom. Akibatnya, perempuan harus mengambil keputusan untuk melindungi dirinya.
Kondom perempuan diluncurkan sebagai alat kontrasepsi dan metode pencegahan dari resiko penularan PMS (penyakit menular seksual) yang dikontrol oleh perempuan sendiri (female control method). Femidom telah lebih dulu populer di berbagai negara seperti Brasil, Uganda, Zimbabwe dan Thailand. Femidom sendiri dibuat oleh produsen kondom asal Inggris dan India.

Penggunaan kondom perempuan ini menguntungkan karena selain kuat dan bertahan lama, kondom perempuan memberikan kenyamanan emosi, rasa aman, percaya diri karena adanya perasaan perempuan bisa mengontrol tubuhnya sendiri. Metode ini juga berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan perempuan terhadap alat reproduksinya dan resiko penyakit menular seksual.

Dibandingkan kondom laki-laki yang lebih praktis dalam menggunakannya, pemakaian femidom memang agak merepotkan. Kelemahan femidom lainnya adalah bentuknya yang kurang ’manis’ dan harganya yang relatif mahal jika dibandingkan kondom laki-laki. Untuk mencegah kebocoran, tidak disarankan menggunakan kondom laki-laki dan femidom secara bersamaan. Pergeseran anatara kedua selaput getah dari kedua jenis kondom tersebut dapat menyebabkan kekesatan yang akan menyebabkan kebocoran.



********END********


0 comments:

Post a Comment

Template by : TuRBiN turbins.blogspot.com